May 14, 2011

Facebook adalah mata-mata


Dia bilang "Facebook is the most appalling spy machine ever developed.". Itulah yang dikatakan Julian Assange mengenai sosial network Facebook. 

layanan intelijen AS memiliki catatan semua pengguna Facebook dan kemudian sebuah sosial network telah menjadi sebuah alat penelitian bagi mereka. Facebook adalah database dunia yang paling komprehensif tentang seseorang, status hubungan mereka, orientasi seksual mereka, alamat, lokasi dan apa yang mereka komunikasikan satu sama lain dan semuanya itu dapat diakses oleh intelijen AS hanya dengan meng-klik mouse mereka. Mereka tahu siapa teman Anda, apa keyakinan politik Anda, orientasi seksual, dan lain-lain.


Walaupun begitu, facebook pasti memiliki sisi baik dan buruk dalam perkembangannya. Contohnya untuk menjalin relasi antar sesama karyawan atau karyawan dengan atasan, atau antar teman menjadi lebih mudah dan efisien. Assange mengklaim bahwa Facebook, Google, dan Yahoo merupakan organisasi utama AS yang telah mengembangkan interface untuk tim sebesar intelejen US. Biaya yang terlibat setiap kali sebuah perusahaan internet diminta untuk mengakses data file tertentu tentunya sangat tinggi. Jadi perusahaan-perusahaan besar tersebut sekarang telah menjadi pintu bagi para pejabat untuk membantu diri mereka sendiri untuk mencari data apapun yang mereka inginkan.

WikiLeaks mengatakan bahwa mereka tidak memiliki akses ke informasi pribadi masyarakat facebook tetapi pemerintah pasti telah melakukan hal tersebut, paling tidak meneliti orang berdasarkan informasi online yang mereka sediakan.

Intinya di sini adalah bahwa bagaimanapun baik atau buruknya informasi-informasi tertulis tentang diri anda di facebook adalah, pengguna memiliki kontrol atas hal itu dan itu adalah pilihan mereka.