May 10, 2011

Perkembangan Teknologi Tulis menulis

Dunia disibukkan oleh berbagai macam pekerjaan yang luar biasa menantang dan hanya menyediakan waktu yang sangat singkat dan tentu mobilitas yang tinggi. Kegiatan tulis menulis bukan lagi tampak seperti sedang menulis lagi tetapi lebih pada bagaimana tulisan yang mengandung informasi tersebut bisa sangat cepat, mobile, efisien dan fleksibel dalam persebarannya. Maka teknologilah yang akan dan sedang menanganinya, sehingga banyak piranti-piranti terkini dan canggih yang dimanfaatkan oleh siapapun yang membutuhkannya saat ini. 

Tapi disini akan disajikan sesuatu hal yang hanya untuk mengenang apa saja yang pernah terjadi jauh sebelum saat-saat teknologi begitu hebat seperti sekarang ini.

  • Teknologi Sabak - Hanya dengan menggoreskan benda tumpul seperti batang kayu ke permukaan buku sabak, maka akan terbentuk goresan yang akan membentuk semacam "image". Itu artinya teknologi sabak bisa digunakan untuk menulis dan menggambar. Namun sayang, jika sudah selesai menulis atau menggambar, maka buku sabak harus dihapus dan kita tidak bisa menyimpan tulisan atau gambar tersebut selain menggunakan ingatan kita.

Sehingga buku sabak adalah teknologi terbaik dijamannya
  • Pensil dan Kertas - Jaman mulai berkembang dan terciptalah pensil dan kertas, bahan grafit dengan adanya campuran tanah liat pada pensil akan menimbulkan "image" pada media seperti kertas, tembok, atau media terang lainnya, sehingga pensil digunakan untuk menulis sesuatu. Sedangkan kertas menjadi primadona tersendiri karena sejarahnya yang panjang. Informasi yang bisa ditulis oleh pensil di atas kertas bisa menjadi sangat efisien dan fleksibel dalam pembuatannya dan bisa disimpan tanpa perlu mengingat semuanya karena relatif ringan dan tipis. 
Sehingga pensil adalah teknologi terbaik dijamannya
  • Mesin Ketik - Sedikit lebih maju dari sekedar menulis dengan menggunakan tangan, mesin ketik yang berawal pada penemuannya sebelum tahun 1870 sampai pada abad 20, muncul untuk memudahkan penulisan di atas kertas menjadi lebih rapi, konsisten (jika menggunakan tangan maka tentu tidak selalu sama bentuknya), teratur, dan tentu terkesan lebih formal ketimbang tulisan tangan. Tapi sayang, jika kita salah mengetik satu huruf saja, maka kita mesti membuang semua pekerjaan yang kita tulis dalam satu halaman kertas tersebut, atau menutupinya dengan tipe-x atau menghapus paksa sehingga kertasnya menjadi terkelupas, tentu sangat tidak efisien.
Sehingga mesin ketik adalah teknologi terbaik dijamannya
  • Komputer Desktop - Anda tak perlu mencetaknya sebelum anda mengkonfirmasi bahwa pekerjaan mengetik anda telah sempurna dan siap di-print, atau dengan kata lain, anda bisa mengedit tanpa harus membuang kertas seperti pada mesin ketik. Itulah yang disajikan oleh mesin komputer dengan program pengolahan kata (biasa dikenal dengan aplikasi untuk membuat dokumen). Selain itu kita bisa menyimpan banyak dokumen tanpa harus memakan tempat melalui penyimpanan digital. lebih jauh setelah itu, komputer bukan lagi hanya alat untuk mengetik saja, tetapi bisa melakukan banyak hal yang tidak mungkin bisa dilakukan mesin ketik seperti menghitung, menggambar, membaca dokumen, internet, musik atau video, dll. Tapi sayang, Ukurannya yang besar tidak membuatnya bisa mudah dibawa kemana-mana, sehingga tidak fleksibel, dan banyak makan tempat.
Sehingga komputer desktop adalah teknologi terbaik dijamannya
  • Laptop - Mudah dibawa kemana-mana, relatif lebih ringan dan ukurannya kecil, itulah laptop yang beda tapi mirip dengan komputer desktop. Semua keunggulan laptop atau dikenal juga dengan notebook, terletak pada sifat fleksibilitas dan sifat mobile -nya dibandingkan dengan komputer desktop. Tapi yang namanya manusia tidak akan pernah puas dengan hanya sekedar fleksibel, karena mereka membutuhkan yang lebih ringan dan kecil lagi untuk mengerjakan pekerjaan mereka yang semakin membutuhkan kecepatan dan mobilitas tinggi.
Sehingga laptop adalah teknologi terbaik dijamannya

  • Smartphone - Ukurannya yang lebih kecil, lebih ringan, dan tentu bisa digenggam oleh satu tangan adalah keunggulan smartphone dibanding dengan laptop yang paling utama. Jika smartphone ini bisa mengerjakan pekerjaan yang bisa dilakukan oleh laptop atau komputer desktop, maka yang terjadi adalah bahwa piranti ini menjadi yang terbaik saat ini tentunya. Yang lebih menarik dari smartphone adalah selain karena bisa mengerjakan pekerjaan komputer atau laptop, juga kemampuan untuk berkomunikasi, kirim teks singkat (sms) dan lain-lain. Namun sayang, Orang masih mencari yang lebih besar ukuran layarnya, mungkin karena mereka membutuhkan ruang baca yang lebih luas tapi tetap membawa keunggulan mobililitas yang tinggi.
Sehingga smartphone adalah teknologi terbaik dijamannya
  • Komputer Tablet - Tentu yang ini layarnya lebih besar daripada smartphone, dan membawa keunggulan yang dimiliki oleh smartphone. 
Sehingga komputer tablet adalah teknologi terbaik dijamannya
Apakah ini jalan terakhir bagi perkembangan teknologi tulis menulis. Apakah masa depan masih memberi bentuk teknologinya yang lain. Jawabanya akan muncul jika kita bertanya, apakah ukuran layar yang lebih besar dan membawa semua keunggulan komputer digital yang disajikan oleh komputer desktop, laptop, dan smartphone  telah membuat orang puas? atau kita sebenarnya hanya membutuhkan untuk menuliskan pesan untuk orang lain? atau yang kita butuhkan hanyalah teman? atau lebih sederhana lagi adalah apakah kita sebenarnya hanya membutuhkan apresiasi?. Temukan jawaban anda.