April 28, 2011

Semua tentang air kelapa

Air Kelapa
Shine.yahoo.com - Terdapat rumor-rumor tentang air kelapa yang katanya banyak memiliki manfaat. Disini akan diungkapkan hal-hal tersebut :

Katanya : Air kelapa mempercepat metabolisme.
Faktanya : Hal itu adalah legenda masyarakat, tak ada penelitian yang bisa membuktikan hal tersebut, kata Liz Applegate, Ph.D., direktur sports nutrition di Universitas California di Davis.

Katanya : Air kelapa adalah minuman alami untuk olahraga.
Faktanya : Untuk olahraga ringan mungkin bukan menjadi masalah, tapi untuk atlit olahraga ekstrim, semua menjadi berbeda. Intinya, ketika kita berolahraga, keringat kita keluar dan membawa banyak sodium (natrium) dan sebagian potasium. Sehingga di dalam tubuh keduanya harus segera diganti agar otot dapat berkontraksi dengan baik. Air kelapa mengandung banyak potasium dimana mampu memberi 600 mg per gelas dimana dibandingkan dengan 175 mg yang diberikan oleh pisang dan kira-kira 13 kali yang diberikan oleh kebanyakan minuman untuk olahragawan. Permasalahannya adalah disini, bahwa air kelapa hanya memiliki 30 mg natrium per gelas. Oleh karena itu dalam olahraga ekstrim akan membutuhkan minuman yang mengandung rasio potasium-natrium yang tinggi (seperti yang banyak yang diiklankan oleh minuman isotonik) sedangkan olahraga yang ringan bisa dengan air putih biasa atau air kelapa.

Katanya : Air kelapa membuat anda tampak lebih muda.
Faktanya : Air kelapa mengandung Cytokinin dimana merupakan hormon pada tanaman yang mampu menghambat proses penuaan pada tanaman dan buah-buahan. Walaupun begitu, manfaat tersebut belum pernah dibuktikan pada manusia dimana penelitian-penelitian tentang hal tersebut masih terus berlangsung.

Katanya : Air Kelapa melindungi jantung.
Faktanya : Diet makanan yang mengandung banyak potasium mampu menurunkan tekanan darah dan membantu kesehatan jantung, kata Andrea Giancoli, R.D., spokeswoman for the American Dietetic Association. Air kelapa adalah sumber mineral yang baik tetapi akan lebih baik jika mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang lebih komplit.